MENANGKAL LUPA????



Aduh, sudah pikun nih, kata seorang ibu-ibu. Ketika dia lupa hal-hal kecil seperti kacamata, dompet, bulpen, janji dengan seseorang, menghadiri pertemuan dan lainnya. Ketika hal tersebut terjadi pada Anda, bisa dikatakan hal tersebut masih normal! wajar! dan manusiawi!.
Dan ketika dilakukan test terhadap ibu tersebut untuk mengingat 5 barang, beliau mampu mengingatnya dengan mudah. Sehingga bisa dikatakan ibu tersebut tidak pikun karena mampu mengingat 5
barang dengan mudah. Ini membuktikan bahwa daya ingat ibu tersebut masih bagus. Kenapa ibu tersebut mampu mengingat 5 bahkan 10 benda dengan mudah tetapi mengingat satu barang misalnya sebuah kacamata menjadi mudah lupa. Masalahnya bukan pada kemampuan daya ingat, tetapi pada perhatian ibu tersebut terhadap sesuatu hal masih kurang. Baik ingatan pada barang atau perjanjian dengan seseorang.
Berikut ini Saya berikan tips-tips untuk mengurangi atau menangkal sifat pelupa :
1. Bicara pada diri sendiri
2. Gunakan Arsip Mental Anda
3. Latih kebiasaan memperhatikan
4. Gunakan alat Bantu visual
5. Poles kejelian pengamatan Anda
6. Gunakan peranti mekanis
7. Belajar menangani gangguan
8. Kuasai tindakan otomatis

Bicara pada diri sendiri
Dengan berbicara sendiri, maka anda menambahkan satu indera untuk mengingat yaitu indera pendengaran. Dimana indera pendengaran adalah salah satu indera yang tertajam. Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengar sederet angka berjumlah sembilan akan lebih lama tertanam dalam ingatan daripada hanya dengan melihat.
• Dengan berbicara sendiri, anda mendengar dimana kunci itu diletakkan
• Anda berpikir dimana Anda meletakkan kunci itu.
• Anda melihat dengan tepat dimana Anda meletakkan kunci itu
Contohnya ”Kunci, kamu tak taruh disini ya!”
Memang kelihatan konyol, tapi teknik ini benar-benar efektif. Ingin bukti? Coba saja!
Gunakan Arsip Mental Anda
”Kacamata itu tadi kupakai agar jelas melihat noda di atas meja dapur”
”Aku ingat juga, aku letakkan dekat segelas air”
”Tadi, kacamatanya sempat jatuh ke lantai”
Nah, itu adalah contoh sederhana petunjuk pemanggilan jika kita sedang lupa sesuatu hal.
Yaitu dengan memperbanyak hubungan pada sesuatu yang ingin Anda ingat. Itulah salah satu contoh petunjuk pemanggilan yang bermanfaat untuk mengingat hal-hal yang Anda lupakan.
Latih kebiasaan memperhatikan
Dengan sedikit latihan, kebiasaan yang mudah dipelajari ini akan otomatis Anda lakukan dan akan
menghapus kecenderungan untuk Absent-minded. Berikut tipsnya :
1. Jangan Mengalihkan Pikiran
Anda sedang duduk di teras dan ingin mengambil buku yang tadi malam Anda baca di tempat tidur. Anda mulai berjalan ke kamar tidur dan melihat ada yang meninggalkan piring di meja makan. Anda mengembalikannya ke dapur. Saat berada disana Anda melihat tempat sampah berserakan dan Anda membereskannya.
Saat di kamar tidur, Anda bertanya-tanya ”Aku mau ngapain ya!”
Nah, hal itu sering terjadi kan!
Untuk menangkalnya, fokuslah pada satu hal dulu baru kerjakan hal yang lain. Saat berdiri bayangkanlah buku tersebut, dari sampulnya, sampai mana telah dibaca, dan sebagainya. Sehingga otak
Anda akan dipenuhi bayangan buku dan tidak akan digeser oleh bayangan yang lain.
2. Lakukanlah Sekarang!
Nanti aja ah! Menelepon relasi, sambil bermain game di komputer. Sebentar aja lagi! 5 menit lagi. Saking asyiknya akhirnya terlupalah untuk menelepon relasi. Tinggalkan kebiasaan menunda. jika suatu hal terpikir sekarang kerjakanlah sekarang jangan ditunda-tunda lagi. Dengan menunda, pikiran Anda akan tepenuhi oleh bayangan hal-hal yang lain.
3. Gunakanlah tempat-tempat yang biasa
Gunakanlah tempat khusus untuk menempatkan kacamata, dompet, bolpoint, Hp, sepatu, dan lain-lain. Hal tersebut merupakan senjata yang ampuh untuk memerangi Lupa
Latihan
Sekarang, latihlah diri Anda dengan menggunakan metode di atas untuk mengingat beberapa obyek yang sering lupa letaknya, misalnya :
HP, Kacamata, Dompet, Bolpoint, Kunci, dll
Gunakan Pengingat Visual
Meninggalkan sesuatu dompet di rumah atau air PDAM dalam keadaan mengalir karena kelupaan, bisa menimbulkan stress.
Dengan menggunakan pengingat visual baik internal maupun eksternal, akan mengurangi tingkat kelupaan Anda.
Visual Eksternal
- ”Melihat” kunci meninggalkan lubang starter dan masuk kedalam genggaman Anda
bermanfaat untuk mengingat agar kunci tidak tertinggal di dalam mobil .
- Menggantungkan Boneka anak di pintu kantor untuk mengingatkan menjemput anak pulang sekolah
- Menempelkan Label kuning di stir mobil untuk mengingatkan tas yang selalu lupa dibawa
Visual Internal
- Membayangkan sudah menghadiri rapat untuk mengingatkan rapat yang mau dihadiri hari ini
- Begitu juga membayangkan sudah bertemu seorang teman untuk mengingatkan ketemu dengan seorang relasi.
- Membayangkan tas kantor sebagai seorang penumpang di mobil untuk mengingatkan tas yang selalu tertinggal di tempat Anda pergi
Mengasah Observasi
Penelitian menunjukkan orang yang suka mengamati dunia sekitarnya tidak selupa orang yang tidak memperhatikannya.
Seperti Detektif, Petugas Keamanan, Agen FBI, dan lainnya yang sering memperhatikan atau menyadari sekelilingnya.
Mulai sekarang, cobalah untuk lebih banyak memperhatikan segala sesuatu disekitar kita. Dengan demikian Anda akan meningkatkan kesadaran dan ingatan Anda.
Menggunakan Peranti Mekanis
Dengan semakin berkembangnya tehnologi akan membantu atau mempermudah Anda mengingat sesuatu. Namun tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk mencoba tehnologi baru yang
kadang-kadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Berikut ini Saya berikan contoh daftar peranti mekanis yang tidak terlalu membutuhkan biaya yang mahal :
- Tempelkan selotip warna di jam Anda. Misalnya untuk mengingatkan seseorang yang harus Anda hubungi dengan menuliskan namanya.
- Buatlah ”Kantong Ingatan”. Khususkan satu kantong yang berfungsi untuk menyimpan segala sesuatu yang anda catat seperti janji, bon tagihan, nomer telepon,
- Pengatur Waktu. Pengatur waktu juga bermanfaat untuk mengingatkan hal-hal yang sederhana seperti mencabut kabel setrika, mematikan air, melihat acara televisi tertentu.
Belajar Menghadapi Gangguan
Berikut ini lima metode yang telah teruji untuk menanggulangi gangguan ketika anda ingin mengurangi ”Kelupaan” Anda :
• Perbaiki Kebiasaan Anda. Di tempat kerja, Anda bisa mengurangi ”kelupaan” Anda dengan bersikap lebih teratur dan terorganisir. Sehingga Anda lebih terfokus pada hal yang diperlukan.
• Pertahankan Konsentrasi. Pertahankan kesadaran Anda ketika melakukan sesuatu hal sehingga pikiran Anda tetap terfokus.
• Lakukan Yang Sudah Nyata. Hindari mengobrol dengan orang lain ketika mengerjakan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Termasuk suara radio, tape, video. Dikarenakan sebagian otak anda akan memperhatikan suara-suara tersebut.
• Kendalikan Telepon. Gunakanlah mesin penjawab jika Anda benar-benar sibuk.
• Pertahankan Alur Pikiran. Jangan pernah memotong pembicaraan orang lain atau berubah-ubah topik pembicaraan. Jika Anda melakukannya maka akan sering terdengar ”Saya sedang bicara apa?” atau ”Apa yang sedang kita bicarakan. Dan yang lebih parah lagi ”Siapa saya?” he..he...
Menguasai Tindakan Otomatis
Kebiasaan rutin yang terjadi begitu saja dan tidak tercatat dalam ingatan ini disebut tindakan otomatis.
1. Kurangi ketergesaan dengan berhenti sebentar
Semakin tergesa-gesa semakin besar kemungkinan kita lupa. Usahakan untuk berhenti sebentar sekitar 5 detik untuk mengingat, memperhatikan, bertanya-tanya apa yang terlupa meskipun jadwal Anda padat.
Hal ini lebih mengefektifkan waktu Anda dalam jangka panjang. Sehingga Anda tidak perlu untuk kembali, mengambil barang atau melakukan yang Anda lupakan.
2. Tinggalkan sebuah tanda
Dengan meninggalkan tanda tertentu akan membantu Anda untuk mengingat harus meneruskan darimana!. Yang paling sederhana adalah meninggalkan tanda pada buku yang dibaca. Atau pada aktifitas yang sedang dikerjakan tetapi harus terputus di tengah jalan.
3. Rekam tindakan anda dalam gambar
Yang dimaksud rekam disini bukan menggunakan kamera melainkan menggunakan mata Anda. Kemudian dibayangkan di dalam otak Anda. Misalnya ketika mengunci pintu ”potretlah” tangan Anda yang sedang memakai jaket yang Anda kenakan. Sehingga
ketika Anda melihat tangan Anda yang sedang memakai jaket Anda hari itu, teringatlah pintu rumah yang telah terkunci. Dan tenanglah hati Anda.
4. Aturlah rutinitas anda
Dengan mengatur rutinitas,Anda akan terhindar dari kelupaan. Karena Aktifitas ini sudah tertanam di dalam pikiran bawah sadar anda.
5. Lakukan saat anda memikirkannya
Segera ambil langkah ketika Anda memikirkannya. Jangan mengatakan ”Aku akan membawa buku yang aku pinjam saat pergi nanti”.
Ketika Anda berfikir buku, segera ambil bukunya dan masukkan ke dalam tas Anda atau letakkan di bawah pintu. Sehingga ketika Anda pergi keluar, otomatis buku tersebut telah terbawa
6. Langsung ulangi
Kita tahu bahwa untuk belajar apapun kita harus mengulanginya. Begitu mendapat data baru ulangilah.
Sebelum Anda meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, berhentilah, putarlah kepala Anda ke setiap arah untuk mengulangi memeriksa sakelar, pancuran air, kompor, seterika dan sebagainya.
Segera praktekkan! rasakan manfaatnya!
Sukses untuk Anda!

Tidak ada komentar: